Dalam perjalanan sejarah Universitas Samudra yang demikian panjang, akhirnya pada bulan Mei 2013, seiring berubahnya Perguruan Tinggi Swasta Universitas Samudra Langsa menjadi Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2013 tentang Pendirian Universitas Samudra. Sesuai dengan Visi UPT Perpustakaan Universitas Samudra “Mewujudkan UPT. Perpustakaan Universitas Samudra sebagai Pusat Pelayanan Informasi Kepustakaan bagi Civitas Akademika Berdasarkan Komitmen Keunggulan, dengan Mengutamakan Pelayanan Berbasis Teknologi Informasi Global.” maka UPT Perpustakaan Universitas Samudra juga telah melakukan berbagai perubahan dan penyesuaian sejalan dengan perkembangannya. Berbagai fasilitas pendukung kegiatan akademik dan penelitian berbasis teknologi informasi telah disediakan, mulai dari perpustakaan yang lengkap, kepustakaan digital, dan berbagai pendukung lainnya. Salah satu layanan digital yang bisa dimanfaatkan oleh publik baik di dalam maupun di luar Universitas Samudra adalah layanan Digital Library Universitas Samudra.

UPT Perpustakaan Universitas Samudra menyediakan berbagai referensi ilmiah yang dapat diakses secara online . Koleksi digital library UNSAM berisi banyak dokumen tugas akhir dari mahasiswa. Selain itu juga tersedia berbagai dokumen ilmiah lain berupa prosiding, laporan penelitian, jurnal dan referensi ilmiah lainnya.
Tujuan UPT Perpustakaan Universitas Samudra mengembangkan Digilib adalah sebagai media penyimpanan dan penyebaran informasi ilmiah dari civitas akademika UNSAM. Selain itu Digilib UNSAM juga dimaksudkan sebagai penjamin dan penerbit hak cipta atas karya ilmiah yang ada. Perpustakaan digital UNSAM tersebut juga dapat digunakan untuk menghindari potensi plagiarisme dan duplikasi penelitian. Pada gilirannya, Digilib UNSAM diharapkan mampu meningkatkan peringkat Webometric dan Citation Index dari hasil karya ilmiah, khususnya civitas akademika.