Perpustakaan Universitas Samudra terus berbenah untuk meningkatkan akses pelayanan dan akses informasi bagi pemustaka, adapun  jumlah pengunjung perpustakaan Universitas Samudra terus mengalami  peningkatan.Tercatat jumlah kunjungan fisik tahun 2016 naik 100% dari sebelumnya, hal itu disampaikan oleh bagian sirkulasi  UPT Perpustakaan Universitas Samudra Firza Syafriesti, S.Sos

Selain meningkatkan akses pelayanan UPT Perpustakaan Univesitas Samudra juga telah mengembangkan pelayan akses perpustakaan secara virtual melalui Website utama pustaka.unsam.ac.id . Meskipun belum maksimal dalam pelayanan secara virtual pihak perpustakaan menyadari bahwa para pemustaka adalah generasi digital yang faham dengan teknologi informasi dan menempatkan gadget sebagai tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari, oleh karenanya UPT Perpustakaan  terus memaksimalkan pelayanan.

Demikian juga UPT Perpustakaan akan terus berupaya meningkatkan layanan digital berupa langganan e-journal , e-books dan e-database. Dalam hal ini pihak pustaka sangat berharap Biro Rektor dapat mendukung sepenuhnya dalam segala aspek untuk peningkatan dan pengembangan UPT Perpustakaan Universitas Samudra.